Bagi yang sudah mengeluarkan goloknya setelah membaca judul diatas, silahkan disarungkan lagi. Bagi yang mau sarungan, silahkan dilanjutkan hehe… Tenang…tenang….ini bukan tentang saya yang berkeinginan nikah lagi. Saya masih setia dengan 1 istri saja kok πŸ˜‰

Saat masih kerja di kantor lama, saya sempat nyeletuk ke teman saya,”Pak Doni (bukan nama sesungguhnya, apalagi nama binatang) ga ikutan asuransi untuk keluarganya?Ga kasian tuh sama anak istrinya seandainya meninggal?”. Dan beliau pun menjawab,”Aduh…Ded. Seandainya saya meninggal, lebih baik saya suruh tuh istri saya nikah lagi. Duit sich bisa habis. Tapi ntar siapa yang mau ngurusin & jagain istri & anak-anak gw.”

Jawaban singkat namun penuh makna dan kejujuran. Sebagai orang betawi tulen dan dicampur sedikit darah Cirebon, dia tidak perlu pernyataan normatif seperti “Setia Sampai Mati” atau “Hanya Maut Yang Memisahkan”. Dia hanya ingin istri dan anak-anaknya nanti tidak terlantar.

Berdasarkan pengamatan terhadap saudara-saudara saya, pihak wanita lebih kuat daripada kaum pria untuk urusan seperti itu. Kaum pria cenderung menikah lagi setelah istrinya meninggal. Namun, kaum wanita penuh pertimbangan. Adik ipar bapak saya sudah ditinggal oleh suaminya sejak tahun 1995, dan hingga kini belum menikah lagi meskipun ia harus berjuang membesar ketiga anaknya. Keluarga bapak saya sudah mengijinkannya untuk menikah lagi. Tetapi ia lebih memilih “enjeh..enjeh… (iya..iya…)”, sebuah jawaban untuk menjawab pertanyaan yang malas dijawab.

Di suatu malam, istri saya pernah menangis. Ia takut kalau saat proses melahirkan, tidak dapat ikut lagi membesarkan anak kami dan mengurusi saya. Saya tidak dapat menjawab. Hanya ikut menangis dan memeluknya. Suasana begitu hening, dan kami menangis sesungukan. Saya tak sanggup hidup tanpanya. Namun, tiba-tiba ada sebuah celetukan yang merusak keheningan malam,”Kalau Bunda wafat duluan, siapa dong yang bantuin Ayah bayar cicilan?”. Dan habislah perut saya yang bulet dicubitin hahahaha….

Mungkin ada rekan-rekan yang ingin berbagi bilamana pasangan tercinta meninggalkan kalian lebih dulu?

Thanks.

Best Rgds,
Deba Pirez
A Family Man

Advertisements