Beberapa waktu yang lalu, saya tertarik dengan postingan mas Iwan disini . Sebuah postingan menarik tentang bagaimana mas Iwan membangun studio musik berkelas dengan dana terbatas. Saya sendiri pun berkeinginan suatu hari nanti bisa membangun studio pribadi di rumah saya.

Setelah mampir ke TKP, kok saya bingung kenapa gambar yang semestinya muncul di postingan tersebut tidak muncul. Unfortunately………itu terjadi karena gambar-gambar yang ada di postingan tersebut masih nge-link ke akun Multiply. Tidak di back up/download secara manual. Dan di block-nya akun MP oleh admin ngehe di kantor saya menyebabkan gambar-gambarnya tidak muncul. Lah, berarti kalau akun MP sudah ditutup, saya ga bisa lagi liat foto-fotonya dong.

Berdasarkan pengalaman ini, saya sekadar mengingatkan bagi teman-teman yang belum tahu atau masih terlena untuk tidak mendownload foto-foto yang ada di postingan sebelumnya di MP secara manual, untuk segera mendownload-nya. Frankly, saya salah satu yang terlena. Setelah memanfaatkan migration tool, foto-foto yang ada di blog memang masih bisa terbawa ke WP. Tapi, foto-foto itu berpotensi segera menghilang bila akun MP sudah ditutup. So, bagi teman-teman yang telah memanfaatkan fitur migration tool yang disediakan oleh pihak MULPID, berhati-hatilah.

Ayo, selamatkan foto-foto dan data kalian!!!!

Thanks.

Best Rgds,

Deba Pirez

Advertisements