Image

Ya, 6 persen. Hanya 6 persen. Bila dibandingkan dengan kenaikan gaji selama lima tahun terakhir, rencana kenaikan gaji PNS pada tahun 2014 tersebut merupakan yang terendah kedua setelah tahun 2010. Pada tahun 2008, rata-rata kenaikan gaji sebesar 20%. Tahun 2009 sebesar 15%. Kemudian tahun 2010 melandai menjadi 5%. Tahun 2011 kembali meningkat sebesar 11%. Tahun 2012 naik 10%. Dan tahun 2013 naik 7%. Sebenarnya kurang tepat bila disebut kenaikan gaji. Lebih tepatnya adalah penyesuaian gaji. Sebagai contoh, penyesuaian gaji sebesar 7% di tahun 2013 sebanding dengan inflasi (kenaikan harga secara rata-rata) bulan Januari-Juli 2013 yang mencapai 6,75%. Berdasarkan data tersebut, saya memperkirakan inflasi akan mencapai sekitar 8%. Secara tahunan, inflasi Juli 2012 – Juli 2013 bahkan sudah mencapai 8,61%. Sehingga tingkat inflasi akan lebih tinggi dibanding penyesuai gaji yang kami terima.

Bila tingkat inflasi lebih tinggi dibanding penyesuai gaji yang kami terima, maka secara umum, harga barang-barang lebih mahal dibanding penyesuaian gaji yang kami terima. Saya percaya bahwa mungkin teman-teman lain juga mengalami hal yang sama. Dalam kondisi tersebut, ada 2 pilihan yang dapat kita lakukan, mencari penghasilan tambahan atau mengencangkan ikat pinggang.

Saya sering mensugesti diri sendiri agar tidak menyerah dengan keadaan. Jangan biarkan anak-anak di rumah ikutan pusing orang tuanya gimana caranya untuk memenuhi biaya hidup dan aktifitas foya-foya yang biasa kami lakukan.

Mari kita cari sumber penghasilan baru daripada mengencangkan ikat pinggang karena ikat pinggang saya memang sudah mentok di lubang terakhir πŸ™‚ (*nelponin orang proyek yang mau ngajuin anggaran hehe….)

Semangat!!!

Thanks.

Best Rgds,

Deba Pirez

Pria Tampan Bukan Buatan Sang PNS Teladan

Advertisements